Irrashaimasu ne.......!XD

Anda memasuki channel ore no Blog,,dimana sesuatu yang anda cari dapat ditemui diBlog ini,,demo jika pemilik blog ini memuat sesuatu yang anda perlukan........demo jika tidak,,terima kasih sudah masuuk Zona blog ini.......
mou ichido...
Doumo arigatou gozaimasuta ne......

Selasa, 03 Januari 2012

Siklus Produksi

Siklus Produksi adalah rangkaian aktivitas bisnis dan operasi pemrosesan data terkait yang terus terjadi yang berkaitan dengan pembuatan produk secara terus menerus. Atau bisa juga disebut proses pengolahan bahan baku menjadi produk jadi.

Aktivitas dasar siklus produksi:

  1. Perancangan Produk
  2. Perencanaan dan Penjadwalan
  3. Operasi Produksi
  4. Akuntansi Biaya

1. Perancangan Produk

Aktivitas ini bertujuan untuk merancang suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dalam hal kualitas, ketahanan dan fungsi.

2. Perencanaan dan penjadwalan

Aktivitas ini bertujuan untuk merencanakan produksi yang cukup efisien untuk memenuhi pesanan yang ada dan mengantisipasi permintaan jangka pendek tanpa menimbulkan kelebihan persediaaan barang jadi.

3. Operasi Produksi

Perusahaan menggunakan CIM (Computer-Integrated Manufacturing), yaitu penggunaan teknologi informasi dalam proses produksi. Seperti menggunakan robot dan mesin.

4. Akuntansi Biaya

Tujuan dari akuntansi biaya:

  • Memberikan informasi untuk perencanaan, pengendalian, dan penilaian kinerja dari operasi produksi.
  • Memberikan data biaya yang akurat mengenai produk untuk digunakan dalam menetapkan harga serta keputusan bauran produk.
  • Mengumpulkan dan memproses informasi yang digunakan untuk menghitung persediaan serta nilai harga pokok penjualan yang muncul di laporan keuangan perusahaan.

Pengendalian Produksi

Pengendalian produksi adalah aktivitas yang menetapkan kemampuan sumber-sumber yang digunakan dalam memenuhi rencana, kemampuan produksi berjalan sesuai rencana, melakukan perbaikan rencana. Tujuan utamanya adalah memaksimumkan pelayanan bagi konsumen, meminimumkan investasi pada persediaan, perencanaan kapasitas, pengesahan produksi dan pengesahan pengendalian produksi, persediaan dan kapasitas, penyimpanan dan pergerakan material, peralatan, routing dan proses planning, dan sebagainya.

Model Data

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar